Seperti yang sudah di jadwalkan, SMK NUR ILAHI KETAPANG ditangi oleh TEAM PENILAI  AKREDITAS dari Povinsi Kalimantan Barat. Terjadwal pada hari Sabtu, 12 September 2015 pada jam 17.00 WIB dan disambut oleh guru-guru SMK NUR ILAHI yang telah menanti sejak Pagi harinya.

Proses persiapan menghadapi hari itu telah berjalan hampir 4 bulan lebih, dari mulai persiapan Pembentukan Panitia Akreditas, penyusunan Berkas Penilai 8 Standar, mempersiapna  RPP – Silabus hingga mempersiapkan bukti fisik Akreditas. Pengorbanan Materi, tenaga, dan waktu terbayar kini dengan hadirnya team Akreditas pada sore itu.

Akvitas pertama yang dilakukan oleh team asessor yang datang sore itu adalah, langsung melakukan visit kesekeliling komplek SMK NUR ILAHI KETAPANG. Dari mulai memasuki ruang Aula serba guna, dimana didalamnya mereka teramat puas akan hasil karya anak0anak SMK yang ada di RKSS ( Ruang Karya Seni Siswa). Berbagai aneka kerajinan yang telah dipersiapkan oleh siswa-siswi SMK beberapa hari kemaren di ruangan tersebut, mampu membuat team penlai SMK dari provinsi itu kagum dan TITIP SALAM BUAT SEMUA SISWA “jadikan ruangan ini sebagai pembekalan LIFE SKILL. Siswa SMK yang lulus Cuma berbekal IJAZAH saja terasa MERUGI, dibandingkan SISWA/i  yang membekali diri mereka dengan Keterampilan dan Kemampuan yang akan mengiringi Pelajar setelah menamatkan sekolahkan di sekolah ini..... ini adalah Sarana yang sangat baik dan Kepedualian yang besar dari sekolah untuk siswanya” ungkap salah satu team penilai dari Provinsi itu kepada pembimb ing Kewirausahaan SMK NUR ILAHI.

 Setelah berkeliling ke kelas-kelas siswa dan melihat-lihat prasarana yang ada kemudian dilanjutkan dengan sholat magrib dan jamuan makan bersama, ba'da isya pun kegiaan proses AKREDITAS pun dimulai di ruangan aula serbaguna SMK NUR ILAHI KETAPANG. Dari mulai Standar ISI dan Standar Pembiayaan menjadi pembuka awal proses malam itu.  Dan Kepala SMK (Pak DEMI) selaku koordinator Standar No. 1 yaitu Standar ISI, Beliau duduk di kursi panas pertama kali menghadapi berbagai pertanyaan dari team assesor, kemudian dilanjut dengan Bu Soffi selaku Koordinator Standar No. 7 yaitu Standar Pembiayaan.

Alhamdulillah 2 Standar ini berjalan lancar dan bisa tuntas dengan segera.
Kemudian lanjut duduk dikursi panas itu adalah Koordinator Standar Pembiayaan ( Pak Roni ) dan Koordinator Standar Proses ( Bu Rini ). Untuk standar Proses yang berisikan mengenai berbagai macam prosedur pembelajaran dan hal-hal seputar proses pelaksanaan yang dilakukan di SMK NUR ILAHI, duduk juga mendampingin bu rini yaitu Bu Soffi dan Pak Surya untuk ikut membantu memberikan informasi dan keterangan yang terdapat didalam standar proses tersebut. Alhamdulillah waktu yang teramat panjang itu, bisa dilalui dengan baik dan lancar.

Akreditasi selanjutnya adalah menghadirkan Koordinator Standar Pengelolaan ( bu Fhany ) dan Standar Pendidikan & Tenaga Pendidik (PTK) yaitu koordinatornya adalah Pak Dedi. Malam yang semakin larut tetap membuat para koordinator ini berusaha semaksimal mungkin menjawab pertanyaan-pertanyaan dari assesor tersebut dengan SEMANGAT demi KEMAJUAN SEKOLAH ini. Dan usaha mereka pun membuahkan hasil yang sangat baik dan berjalan lancar. Kemudian Proses dilanjutkan dengan materi Standar Sarana & Prasarana (SAPRAS), yang diwakili langsung oleh Kepala sekolah ( Pak Demi ). Dan alhamdulillah Standar Kelulusan yang dipimpin oleh Ustd Fathor dan pak Surya juga dianggap memuaskan dan terpenuhi  jawabannya menurut menurut mereka. Jadi 8 standar yang diujikan oleh pihak provinsi kalimantan barat (Standar Isi, Standar Proses, Standar Kelulusan, Standar PTK, Standar SAPRAS, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian) berakhir hingga jam 21.30 WIB. ALHAMDULILAHH ............. semua demi kemajuan SEKOLAH KITA TERCINTA dan GURU-GURU yang menjadi KOORDINATOR STANDAR tersebut TELAH BERJUANG SEMAKSIMAL MUNGKIN demi SSEKOLAH, ANAK MURID dan LELALITAS SMK kita ...

Ucapan terima kasih tak lupa dihaturkan kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan terlibat dalam kelancaran Proses AKREDITASI tersebut.
  1. Pengurus Pondok Pesantren Nur Ilahi yaitu Ustad H.M. Hadiliri AM dan Ustadzah Rahmawati serta Santriwati di pondok yang telah membantu kesiapan konsumsi dan saran yang sangat menunjang di SMK NUR ILAHI KETAPANG.
  2. Ustad H. M. Idris, S.Ag selaku pembina SMK yang telah memfasilitasi kendaraan dan jamuan kepada para assesor dari provinsi tersebut
  3. Dewan Guru SMK Nur Ilahi Ketapang yang telah banyak meluangkan waktu dan tenaganya dalam mempersiapkan berkas dan peralatan yang dibutuhkan untuk akreditas.
  4. Pengurus Osis yang selalu siap siaga dalam membantu dan mendukung kelancaran akriditas
  5. Team KREATIF di Ruang Karya Seni Siswa ( RKSS) yang telah memproduksi aneka merchandhise serta kerajianan yang inovatif dan siap Produksi
  6. Siswa Siswi SMK NUR ILAHI KETAPANG yang telah berpartisipasi mendukung kelancaran akreditas  bak secara langsung maupun tidak langsung
  7. Pihak-pihak lainnya yang banyak dan ikut terlibat dalam persiapan dan pelaksanaan.

KEBERHASILAN AKREDITAS SMK NUR ILAHI adalah KEBERHASILAN TEAM dan KEKOMPAKKAN serta WUJUD LOYALITAS KITA untuk KEMAJUAN SEKOLAH KITA TERCINTA

0 komentar:

Posting Komentar



 
Top