Edmodo adalah aplikasi berbasis web yang memungkinan setiap guru untuk membuat kelas digital. Kelas digital ini sebagai sarana berbagi pembelajaran, pekerjaan rumah, dan konten pembelajaran lainnya dengan cara yang mudah dan tentunya aman. Aplikasi ini tampilannya dibuat mirip dengan media sosial “facebook”., sehingga memudahkan guru, orang tua, dan siswa untuk bergabung dalam kelas digital tersebut.

Program kelas digital di Kabupaten Ketapang, di mulai dengan diadakannya Workshop dan pelatihan SEA DIGITAL CLASS oleh team dari SEAMOLEC dipimpin oleh bapak VICTOR dkk. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 1-3 Desember 2015 yang lalu dan diikuti oleh 100 orang guru sejenjang SLTA/SMU/SMK ... yang diadakan di SMKN 2 Ketapang.

Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara MKKS + Dinas Pendidikan Ketapang dan SEAMOLEC dengan didampigi oleh Mentor Digital Clas dari Bandung (kang Hendrik), dari Jawa Tengah da dari Aceh.. sehingga 3 hari pelatihan tersebut, benar-benar membuat dan meberikesan yang positif buat para guru untuk segera memulai mensosialisasikan sistem pembelajaran dengan konsep digital class.

Ketua Pengawas SMA/SMK/MAN dari dinas pendidikan kabuaten ketapang, yaitu Bapak Eddy santoso selaku ketua pelaksana kegiatan berharap bersama kepala dinas pendidikan yaitu bapak H. Jahilin, agar Sistem pendidikan yang ada di kabuaten ketapang, tidak kalah jauh SISTEM MUTU dan KUALITASNYA dengan daerah lain, sehingga mereka sangat mendukung sekali dengan penyelenggaraan ini sehingga akan menambah wawasan dan kualitas SDM guru yang ada di kabupaten ketapang.

Bentuk program Kelas Digital di Kabupaten ketapang kedepannya, akan mencoba melakukan program kelas digital yang dimulai dari masing-masing sekolah oleh para peserta yang hadir dalam pelatihan tersebut, kemudian adalah UDJ (Ujian Dalam Jaringan) di ketapang.

"Kami berharap segera terbentuknya para pengagas atau inisiator untuk mendeklarasikan KETAPANG DIGITAL KELAS di daerah kita, sehingga ada wadah atauy naungan untuk saling sharing dan berbagi informasi perkembangan kelas digital di sekolah mereka masing-masing" ungkap Pak Demi Susanto, kepala smk nur ilahi ketapang saat berjabatan dengan mentor pak victor disela-sela penutupan kelas digital kemaren.

untuk sekedar mewadahi forum group facebook telah dibentuk untuk memudahkan omunikasi antar sesama guru yang sudah mengikuti pelatihan, agar bisa sama-sama onsisten melaksanakan kelas digital di sekolah mereka masing-masing ... KETAPANG DIGITAL CLASS ini nantinya bisa menjadi motor pengerak kegiatan digital kelas dari mulai tingkat SMA hingga SD yang ada di kabupaten ketapang dan akan didukung oleh bupati dan kepala dinas pendidikan ketapang.... ungkap Waka humas SMK Nur ilahi ketapang .. yaitu bang rudi

Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar



 
Top