SMK NUR ILAHI adalah SMK yang berbasis Pondok Pesantren yang ada di lokasi di Jl. Kapten Piere Tendean, Kelurahan Sukaharja, Ke. Delta pawan – Kabupaten Ketapang, Kalimantan barat.
NSS  : 34210601004 / NPSN : 30112113

Sejak memasuki tahun ajaran baru  ( 2015-2016) tahun ini, kami SMK NUR ILAHI KETAPANG mulai banyak berbenah diri dan sudah dalam proses menunggu hasil AKREDITAS sekolah yang telah di lakukan oleh pihak assesor pada bulan September 2015 kemaren.

Menyikapi, perkembangan dunia pendidikan didaerah yang banyak mencetak para alumni SMK yang hanya 20% terserap kedunia perguruan tinggi dan masih banyaknya lulusan yang lebih tererap ke dunia encari kerja, kemudian fenomena masih banyaknya lulusan sarjana yang masih besar angka pengnggurannya, maka kami tahun 2015 ini mulai menyiapkan para siswa kami untuk lebih memperkuat kemampuan mereka di bidang life skill.

Kenapa LIFE SKILL lebih kami utamaka saat ini ? Hal ini karena kami juga menjalankan program pemerintah untuk bisa dan mampu mencetak siswa-siswi kami di SMK NUR ILAHI, untuk sudah mulai mandiri dan mepunyai kemampuan keterampilan yang akan berguna buat mereka selepas meninggalkan sekolah ini.

LIFE skill saat ini yang kami bangun dan didapatkan oleh para siswa adalah :
1.       Sarana Praktek KEWIRAUSAHAAN secara LIFE SKILL.
Kami telah membentuk berdirinya RKSS ( Ruang Karya Seni Siswa) yang secara langsung dikelola dan dibina oleh Guru Mapel KWU. Disini kami membagi menjadi 2 bagian penting yatu :

a.       Kemampuan Skill Non Multimedia
-          Praktek Pelatihan Kerajinan Berbahan Tali
-          Praktek Pelatihan Kerajinan Berbahan Kain
-          Praktek Pelatihan Kerajinan Berbahan Limbah baranng Bekas
1.       Berbahan Koran Bekas
2.       Berbahan Botol Bekas
3.       Berbahan Kardus Bekas
4.       Berbahan Kain Bekas

b.      Kemampuan Skill Berbasis Multimedia
-          Pelatihan Desain Grafis
1.       Pembuatan PIN
2.       Pembuatan ID CARD
3.       Pembuatan SPANDUK / BALIGHO
4.       Pembuatan Kaos / Kemeja
5.       Jasa Logo dan Desain Grafis
-          Pelatihan Fotografi
1.       Jasa Pemotretan Pernikahan
2.       Jasa Sewa dan rental Kamera DSLR
3.       Jasa Pemotretan Company Profile Produk, dll
-          Pelatihan Video Editing
1.       Jasa Editing Video
2.       Jasa Shooting Video
-          Pelatihan Web
1.       Pelatihan Pembuatan webblogspot
2.       Pelatihan Pembuatan Web Skolah dan Komunitas. dll

c.       Kempuan Skill Kombinasi antara Mutimedia dan Non Multimedia

2.       Sarana Promosi Produk
3.       Sarana Penjualan Produk
4.       Sarana Pengembangan Kewirausahaan  dan fasilitas
5.       Kemampuan untuk membukan pelatihan LIFE SKILL untuk sekolah – sekolah sekitar
6.       Kemampuan untuk berbagi skill kepada masyarakat sekitar untuk bersama-sama meningkatkan kemampuan kemandirian dan keteraampilan, terutama untuk masyarakat yang memiliki anggota keluargannya yang putus sekolah dan masih menganggur.
7.       dll

Dan alhamdulillah, dalam 1 tahun pertama ini, program yang sekolah terapkan untuk siswanya bisa dapat diakomodir dan diminati oleh siswa. Siswa semakin bergairah dan bersemangat dan merasa bangga akan hasil karya mereka yang kini sedang kami coba untuk diikutkan dalam berbagai pameran dan event di lokasi setempat. Kini, siswa bukan cuma di tuntut untuk mampu di bidang akademik, tetapi juga lebih mendapatkan kemampuan LIFE SKILL, sehingga mereka juga bisa menghasilkan income buat mereka dan orangtuanya.. dan apabila mereka tamat kelak, mereka lebih memilih BUKA USAHA dari pada MELAMAR KERJA ... itu MINDSET yang selalu kami berikan.

Dalam perkembangan Tahun 2016 kedepan, banyak hal yang sedang kami programkan yaitu :

1.       Menjadikan SMK NUR ILAHI ILAHI ini sebagai BASIS Mencetak para INKUBATOR CALON-CALON WIRAUSAHA yang mempunyai Kemampuan : KEAGAMAAN, PRODUKTIF dan TEKNOLOGI sehingga mampu menjadi siswa yang MADIRI dan Mampu MENCIPTAKAN LAPANGAN KERJA bukan MENCARI KERJA

2.       Mmampu Menularkan Program yang kami rancang ini untuk bisa tersebar VIRUS WIRAUSAHANYA di sekolah-sekolah sekitar, bahkan bisa menjadi referensi buat sekolah lainnya di seluruh Indonesia

3.       Mampu Mencetak SISWA BERPRESTASI dibidang AKADEMIK dan juga LIFE SKILL


Dari kesemuanya itu, tetap saja kami masih harus terus dan terus belajar dan memperbaiki kekurangan-kekurangn yang selalu kami evaluasi secara rutin. Legalitas usaha dan  media promosi terus kami tebar untuk meningkatkan kualitas dan income buat siswa dan sekolah. Dan kesemuanya itu masih tak terlepas dari support pemerintah dan masyarakat serta pihak lembaga yayasan tempat SMK ini bernaung.

Kendala utama yang paling mendominasi dan masih menjadi hambatan buat perkembangan program kami adalah :

1.       Minimnya fasilitas komputer dan media penunjang teknologi berupa Lab KOMPUTER yang bisa di manfaatkan oleh siswa-siswi SMK

2.       Kurangnya Ruangan untuk menampung berbagai kegiatan yang akan dinikmati oleh siswa dan tempat untuk memajang hasil karya siswa

3.       Minimnya bantuan modal usaha dan dana penunjang operasional yang akan dimanfaatkan untuk :

  • Pengadaaan bahan baku
  • Pengadaan alat penunjang
  •  Promosi  dan Publikasi
  • Pemberian Modal Usaha buat siswa yang berprestasi dibidang Wirausaha
  • Pemberian Honor yang memadai untuk mentor dan pelatih sebagai wujud partisipasi dan kontribusinya dalam mensukseskan program ini.

4.       MODAL KERJA atau INVESTOR atau BAPAK ANGKAT USAHA yang mampu membackup semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh siswa SMK dalam pelaksanaan program tersebut.
Semoga dengan adanya KELEBIHAN dan KELEMAHANA ini, mampu menjadi pemacu semangat kami untuk terus membuktikan hasil dan kualitas dan siap akan mempresentasikan Bagi hasil yang sama-sama menguntungkan buat pihak-pihak swasta atau individu yang mau dan bersedia menjadi investor atau mitra usaha kami dibidang KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NUR ILAHI KETAPANG

MEDIA CENTER KAMI : SMK NUR ILAHI KETAPANG
Jln. Kapten Piere Tendean  Gg. Payak Putus I Kel. Sukaharja - Kec.  Delta Pawan 
Kabupaten Ketapang - Kalimantan Barat

No.HP. Kepala Sekolah
(Demi Susanto, SE)
08 5252 608 901

WAKA HUMAS
Bang Rudi
0853 8761 0792

E-mail : smknurilahiketapang2016@gmail.com

0 komentar:

Posting Komentar



 
Top